TENTANG FAKFAK: FAKFAK


WEST PAPUA
..........FREEDOM FOR WEST PAPUA....... ONE PEOPLE ONE SOUL..........FREEDOM FOR WEST PAPUA.......I LOVE PAPUA........... ..........FREEDOM FOR WEST PAPUA....... ONE PEOPLE ONE SOUL..........FREEDOM FOR WEST PAPUA.......I LOVE PAPUA........... ..........FREEDOM FOR WEST PAPUA....... ONE PEOPLE ONE SOUL..........FREEDOM FOR WEST PAPUA.......I LOVE PAPUA........... ..........FREEDOM FOR WEST PAPUA....... ONE PEOPLE ONE SOUL..........FREEDOM FOR WEST PAPUA.......I LOVE PAPUA........... ..........FREEDOM FOR WEST PAPUA....... ONE PEOPLE ONE SOULI LOVE PAPUA........... I Love Papua ONE PEOPLE ONE SOUL..........FREEDOM FOR WEST PAPUA.......I LOVE PAPUA........... ..........FREEDOM FOR WEST PAPUA.......
My Site LinKs
Jumat, 05 Juni 2009
Wilayah Fakfak dengan luas 14.320 Km2 merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Papua Barat yang beribukota di Kota Fakfak, secara geografis terletak di 131o30 -138o40 BT dan antara
2o25 - 4o00 LS,
daerah ini berbatasan langsung dengan
Teluk Bintuni di sebelah utara, Laut Arafura dan Kabupaten Kaimana di sebelah selatan, Laut Seram dan Teluk Berau di sebelah barat, Kabupaten Kaimana di sebelah timur.

Secara administratif, daerah ini terbagi menjadi empat Kecamatan.
Kabupaten Fakfak ini dikenal dengan Kota Pala karena kaya akan hasil buah palanya.

Daerah ini mempunyai potensi wisata dan lain sebagainya yang besar untuk dikembangkan yang terbesar dalam perekonomian Fakfak.

Untuk sektor pertanian masih menjadi andalan daerah ini dengan wilayah yang 80% berupa hutan ini pemanfaatannya bernilai ekonomis yang bernilai cukup besar, terdapat hasil hutan yang berupa kayu agatis, merbau, meranti, ketapang, mersawa, dan lainnya yang menggiatkan industri kayu lapis dan kayu bulat yang bertujuan ekspor, terdapat juga hasil hutan yang bukan kayu seperti kulit masoni, rotan, minyak kayu putih, gaharu, dan lawang.

Di sektor perkebunan juga memiliki keunggulan, hasil perkebunan yang utama berupa tanaman kelapa, cengkeh, pala, kopi robusta, karet dan kakao.

Perkembangan dan potensi yang ada di daerah ini membuat banyak dibanjiri oleh pendatang dari seluruh pelosok nusantara, sehingga terjadi penguasaan ekonomi oleh pendatang sedangkan penduduk setempat masih berkutat dengan pekerjaan berburu, berkebun dan menangkap ikan.

Hal ini terjadi karena belum siapnya sumber daya manusia untuk bersaing demi pekerjaan yang lebih layak.
Keberadaan infrastruktur berupa jalan darat yang memadai akan lebih memudahkan para pedagang untuk berinteraksi sehingga memperlancar baik arus barang maupun jasa, daerah ini juga telah Bandara Torea yang terletak di Fakfak, Pelabuhan Fakfak.
1 Comments:
Blogger ALDI BIMANTARA said...
Kapan yah fakfak bs maju? Contact aq yg maw psn manisan pala 081344863419

Posting Komentar

RUANG BAKU SAPA

Nen & Nan Generasi Penerus Kota Pala, Dan Pengunjung......selamat datang......

BAGAIMANA KAM PUNYA PENDAPAT TENTANG KABUPATEN FAKFAK....???


Tinggalkan Jejak Anda

FAKFAK Saja


Powered by Blogger Papua
Some rights of this page's plain text stuffs are reserved for the author.
The template is generated via PsycHo, modified and optimized by and is Licensed.
XHTML VAlidator